Empat komponen utama yang dapat digunakan dalam aplikasi Android :
- Activity
Sebuah Activity akan menampilkan antarmuka aplikasi di layar, sebagai
contoh ketika kita membuka sebuah aplikasi maka akan muncul tampilan
dari aplikasi tersebut.
Activity diimplementasikan sebagai subclass dari class Activity sebagai contoh:
public class MainActivity extends Activity {
.....
}
- Service
Service adalah komponen yang berjalan di latar belakang. Sebagai contoh,
Service bisa memainkan musik di latar belakang saat pengguna berada
dalam aplikasi yang berbeda, atau mungkin mengambil data melalui
jaringan tanpa menghalangi interaksi pengguna dengan aktivitas.Service
diimplementasikan sebagai subclass dari class Service sebagai contoh:
public class MyService extends Service {
}
- Broadcast Receivers
Broadcast Receiver berfungsi menerima pesan intent dari aplikasi lain
atau dari sistem. Sebagai contoh, suatu aplikasi mengirim pesan berisi
perintah tertentu untuk aplikasi lain bahwa beberapa data telah diunduh
ke perangkat dan tersedia bagi mereka untuk menggunakan apklikasi
tersebut, jadi Broadcast Receiver inilah yang akan menangani komunikasi
ini dan akan melakukan tindakan yang tepat.Sebuah Broadcast Receiver
diimplementasikan sebagai subclass dari class BroadcastReceiver dan
setiap pesan akan dikirim dan diterima sebagai objek Intent.
public class MyReceiver extends BroadcastReceiver {
public void onReceive(context,intent){}
}
- Content Providers
ContentProvider adalah penyedia konten dari satu aplikasi ke aplikasi
lain atas perintah tertentu. Perintah tersebut ditangani oleh sebuah
method dari class ContentResolver. Data dapat disimpan dalam sistem
file, database atau di tempat lainnya.ContentProvider diimplementasikan
sebagai subclass dari class ContentProvider dan harus menerapkan satu
set standar API yang memungkinkan aplikasi lain untuk melakukan
transaksi.
public class MyContentProvider extends ContentProvider {
public void onCreate(){}
}
Komponen Android tambahan
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar